Berdasarkan surat telegram dari Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia  Nomor : 500.2.3/3161/SJ Tanggal 16 Juni  2023 telah kami ikuti rapat melalui Zoom Meeting  dan Rakor Evaluasi TPID pada hari Senin Tanggal 19 Juni 2023 dengan hasil sebagai berikut :
1.     Rapat  Zoom Metting dipimpin oleh Bapak Menteri Dalam Negeri dan diikuti oleh   TPID se Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia.   Dari Kabupaten Bojonegoro dipimpin oleh Ibu Sekretaris Daerah dan dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM, Perum Bulog Sub Divre Bojonegoro, Dinas Perhubungan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Peternakan & Perikanan, Dinas Kominfo, Inspektorat dan Bagian Perekonomian dan SDA.
2.     Pembahasan : Angka Inflasi Bulan Mei 4.00% lebih rendah di banding Bulan April 4.33%.  Tren Kenaikan Komoditas makanan pada minggu kedua bulan Juni  adalah daging ayam ras, cabe merah, telur ayam, cabe rawit dan bawang merah.  Harga komoditas beras, jagung dan telur ayam mengalami kenaikan signifikan. Lebih dari 50% provinsi berada di atas HAP 10%. Perlu pemetaan pendataan produsen pangan disetiap wilayah masing-masing untuk menyusun strategi Kerjasama antar daerah guna stabilisasi wilayah defisit dan surplus. Perlu kolaborasi dan koordinasi lintas K/L dan Pemerintah Daerah dalam pengendalian inflasi terutama pelaksanaan Gerakan Pangan Murah Serentak.  Dari hasil SUSENAS, perubahan pola konsumsi terkait kelompok pengeluaran untuk perayaan  (termasuk Pesta, Kenduri, Upacara, Peringatan HBKN) mengalami penurunan tren. Selama pandemi covid 19 terjadi shifting preferensi  konsumsi di masyarakat. Termasuk kebiasaan masyarakat dalam peringatan HBKN, baik didesa/kota juga pada kelompok masyarakat bawah, menengah dan atas dengan kecenderungan mengecil dibanding sebelum pandemi. Pembelian hewan kurban masuk dalam kelompok pengeluaran ini, namun ada kecenderungan turun / lebih rendah dibanding sebelum pandemi.  Per 18 Juni 2023 ada 22 Provinsi dan 198 Kabupaten/Kota telah bersurat ke BAPANAS untuk mengusulkan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah serentak nasional.  Kenaikan harga ditingkat produsen dan konsumen sangat signifikan dimana produsen menaikkan 2% barang sampai di konsumen terjadi kenaikan 4% hal tersebut dikarenakan distribusi dan perdagangan. Stok persediaan  beras di gudang Bulog Kancab Bojonegoro per 18 Juni 2023 adalah sbb :1. Beras Medium PSO 3.825.370 kg; 2. Beras Premium komersial  266.590 kg; 3. Gula 1.400 kg; 4. Minyak 1.872 liter.
Bulog masih terus melakukan penyerapan gabah dengan harga gabah kering sawah Rp. 5.700 – 5.900/kg. Harga pengadaan beras Rp. 9.950 dan dijual dalam bentuk beras medium SPHP Rp. 8.500 – 8.600/kg. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM telah melaksanakan operasi pasar LPG masing- masing kecamatan mendapat 560 tabung LPG  isi 3 kg dengan harga Rp. 16.000/tabung pada : 1. Tanggal 12 Juni 2023 di Kecamatan Kalitidu dan Ngambon; 2. Tanggal 14 Juni 2023 di Kecamatan Sumberjo dan Balen.
Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM akan terus melakukan pemantauan pada komoditas penting yang dibutuhkan masyarakat menjelang hari raya Idul Adha.
Dinas Peternakan dan Perikanan terus melakukan pemantauan dan pengawasan menjelang hari Raya Idul adha dan melaporkan kenaikan harga sapi hidup untuk saat ini adalah 60.000 – 65.000/Kg dari harga sebelumnya Rp.50.000/Kg. Stok sapi untuk Kurban di Kabupaten Bojonegoro saat ini adalah 28.751 ekor, sementara kebutuhannya  kurban di kabupaten Bojonegoro  sebanyak 3589 ekor  atau 12.4% dari stok sapi yang ada. Dinas Peternakan dan Perikanan telah menerjunkan dokter hewan untuk terus melakukan pengawasan dan pengecekan hewan kurban dipasar Balen, Padangan dan lapak-lapak dadakan penjual hewan kurban. Penyakit Mulut dan Kuku pada sapi di Bojonegoro saat ini cukup terkendali dengan adanya pelaksaan vaksin dan pengawasan intensif.
Kenaikan harga daging ayam ras selain dipengaruhi oleh  kenaikan harga pakan juga dipengaruhi oleh libur kandang setelah Idul Fitri yang menyebabkan posisi saat ini belum waktunya panen. Dinas Peternakan dan Perikanan telah melakukan sosialisasi penyembelihan hewan kurban kepada perwakilan takmir Masjid di semua Kecamatan.
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah melaksanakan gerakan tanam kedelai di wilayah kecamatan Kapas seluas 6.672 ha, bawang merah 2.068 ha, cabe besar 292 ha, cabe rawit 159 ha dan cabe keriting 20 ha.
Dinas Kominfo telah melakukan publikasi harga- harga bahan pokok melalui Media Pemkab Bojonegoro dan Radio Malopati.
3.  Saran  Tindak :  Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM untuk bersurat kepada Dinas ESDM dengan tembusan ke Pertamina terkait penambahan kuota LPG dan permintaan Program ESDM dalam kegiatan pasar Murah LPG untuk dilaksanakan di Kabupaten Bojonegoro.  Dinas Peternakan dan Perikanan untuk bersurat kepada Ketua Dewan Masjid Bojonegoro untuk diteruskan ke takmir masjid di Kabupaten Bojonegoro terkait sosialisasi Penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2023. Dinas Peternakan dan Perikanan dalam rangka menggairahkan semangat beternak agar memfasilitasi peternak dengan berkoordinasi dengan BAPANAS dengan menginfokan surplus hewan kurban di Kabupaten Bojonegoro agar dapat membantu peternak dalam penjualan hewan kurban, mengingat kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Bojonegoro hanya 12.4% dari total stok hewan kurban yang tersedia. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk bersurat ke BAPANAS terkait usulan Gerakan Pangan Murah serentak nasional. Dinas Kominfo untuk mempublikasikan rencana dan aksi  yang telah dilaksanakan oleh masing-masing OPD dalam rangka pengendalian Inflasi serta menjelang hari Raya Idul Adha.

 


By Admin
Dibuat tanggal 27-06-2023
252 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %