Berdasarkan surat telegram dari Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia  Nomor : 500.2.3/3327/SJ Tanggal 28 Juni  2023 telah kami ikuti rapat melalui Zoom Meeting  dan Rakor Evaluasi TPID pada hari Senin Tanggal 4 Juli 2023, Hal : Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Daerah dengan hasil sebagai berikut : Rapat  Zoom Metting dipimpin oleh Bapak Menteri Dalam Negeri dan diikuti oleh :TPID se Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia. Dari Kabupaten Bojonegoro dipimpin oleh Ibu Sekretaris Daerah dan dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM, Perum Bulog Sub Divre Bojonegoro, Dinas Perhubungan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Peternakan & Perikanan, Dinas Kominfo, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Bappeda dan Bagian Perekonomian dan SDA.

Pembahasan : Angka Inflasi Nasional Year to Year bulan Juni 3.52% menurun dibanding bulan sebelumnya 4% dan month to mont 1.24% dan Komoditas penyumbang Inflasi pada semester I Tahun 2023 adalah : 1. Rokok kretek filter 0.14%; 2. Bawang Putih 0.07%; 3. Rokok putih 0.04%; 4. Beras 0.20%; 5. Daging ayam ras 0.09%; 6. Telur ayam ras 0.02%; 7. Emas perhiasan 0.05%; 8. Kontrak rumah 0.05%; 9. Bawang merah 0.04%; 10. Upah asisten RT 0.03%.

Hal-hal yang perlu dilakukan pemerintah adalah : 1. Memperkuat ketersediaan pupuk; 2. Mengutamakan belanja produk dalam negeri; 3. Meningkatkan uang beredar dimasyarakat dengan percepatan penyerapan anggaran; 4. Mengantisipasi kemarau dan dampak El Nino; 5. Menjaga stabilitas politik, keamanan menjelang Pemilu; 6. Mengantisipasi potensi kebakaran hutan; 7.Pelaksanaan kegiatan bansos, subsidi transportasi dan kerjasama antar daerah yang dapat di suport dari anggaran APBD ataupun BTT. Stok persediaan  beras di gudang Bulog Kancab Bojonegoro per 4 Juli 2023  dengan perincian  sbb : 1. Beras Medium PSO 4744 ton; 2. Beras Premium komersial  453 ton; 3. Gula 1400 kg; 4. Minyak goreng 792 liter. Stok Gabah Bulog saat ini adalah  520 ton setara GKR dan Bulog terus melakukan penyerapan gabah di masyarakat dengan rata-rata pembelian 20-30 ton/ hari dengan harga terakhir 5900/kg.  Bulog membuka peluang untuk masyarakat yang akan mensupply gabah ke Bulog baik secara perorangan ataupun lembaga. Dinas kominfo untuk ikut serta dalam publikasi harga bahan pokok yang datanya bisa di akses dari Siskaperbapo yang didalamnya terdapat info harga bahan pokok di seluruh Kabupaten di Jawa Timur sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat baik pedagang ataupun petani/produsen agar bisa membantu untuk mengetahui daerah yang surplus atau yang defisit.

Problem yang saat ini di hadapi oleh petani adalah : 1. Mahalnya pupuk dan ketersediaan yang terbatas; 2. Ketika panen harga cenderung menurun.  Kenaikan harga telur ataupun daging ayam ras di tingkat produsen rendah sementara di tingkat konsumen tinggi diakibatkan oleh faktor distribusi dan bukan karena faktor produksi. Pada saat Dinas Peternakan dan Perikanan menghimbau masyarakat untuk ikut serta dalam usaha di bidang peternakan baik usaha ayam petelur ataupun ayam pedaging para pengusaha terkendala dengan perijinan, dimana ketika pengusaha akan menggunakan area pertanian maka terbentur pada aturan bahwa lahan yang digunakan adalah masuk dalam LSD. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM merencanakan pasar murah pada kegiatan TMMD di Desa Gondang, Hari Jadi Bojonegoro bulan September dan Oktober serta HBKN Nataru  bulan November dan Desember; Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah mengajukan ke Provinsi Jawa Timur kegiatan GPM dan mendapat jatah 2 dan masih menunggu DIPA Provinsi Jawa Timur.

Saran  Tindak, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk lebih aktif melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik serta memperbanyak membuat lahan percontohan dengan menggunakan pupuk organik, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang di demonstrasikan; Dinas PMD melalui Bumdesa, PKK untuk ikut serta aktif dalam mewujudkan desa dengan kemandirian pangan. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM untuk berkoordinasi dengan Kementerian terkait dengan Sistem Resi Gudang dalam rangka tunda jual hasil produksi pertanian dengan penjaminan hasil panen melalui sistem resi gudang. Dinas Peternakan dan Perikanan untuk mendata seluruh masyarakat yang mempunyai usaha di bidang peternakan yang telah mempunyai ijin ataupun belum. Dari hasil  rekapitulasi tersebut agar Dinas Peternakan dan Perikanan mengakomodir dengan mengupayakan agar lahan LSD yang akan digunakan untuk usaha peternakan dapat dikeluarkan dari LSD dengan pengajuan ke Menteri ATR.  Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM untuk membuat rencana kegiatan pasar murah secara terperinci tanggal, lokasi, biaya dan produk yang akan di pasarkan dengan mengedepankan bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat dan yang dominan penyumbang inflasi.


By Admin
Dibuat tanggal 28-07-2023
200 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %